Mirip iPhone, Ponsel Luna Foxconn Siap Masuk Indonesia

0
272

Jakarta – Indonesia segera kedatangan sebuah ponsel baru produksi Foxconn dengan nama Luna Smartphone. Luna sebelumnya diklaim telah sukses terlebih dahulu di pasar ponsel Korea Selatan sejak pertengahan tahun 2016.

Luna merupakan ponsel pintar bersistem operasi Andorid yang ditujukan untuk kelas menengah. Meski menyasar kelas menengah dengan segmen kalangan muda, ponsel ini dibekali spesifikasi ponsel kelas atas. Foxconn bahkan mengklaim ponsel ini dibuat dengan kualitas ponsel iPhone milik Apple.

“Proses dan bahan sama persis dengan proses pembuatan iPhone yang dilakukan Foxconn, maka dari itu ketahanannya akan sama dengan ketahanan iPhone,” kata Terry Gou, CEO Foxconne melalui pernyataan persnya, Senin 22 Agustus 2016.

Luna memiliki spesifikasi layar berukuran 5,5 inci dengan resolusi 1920×1080 piksel. Layar Luna mengusung teknologi resolusi Full High Definition dengan kualitas layar sentuh tajam, responsif dan berjalan halus.

Foxconn menempatkan prosesor Qualcomm Snapdragon 801 Quadcore 2,5 Gigahertz. Ponsel dengan Android 6.0 Marshmallow ini dilengkapi dengan RAM berukuran 3 Gigabita dan ruang penyimpanan sebesar 64 Gigabita. Ruang penyimpanan tambahan Luna bisa diperbesar hingga 128 Gigabita.

Pada fitur kamera, Luna dipersenjatai dengan kamera belakang 13 Megapiksel dengan aperture f/2.0. Kamera ini dilengkapi dengan lampu Dual LED untuk membantu pencahayaan dalam berbagai kondisi. Juga tersedia kamera depan 8 Megapiksel dengan aperture f/1.8 dengan lensa wide angle. Kamera Luna dilengkapi dengan fitur instant Face Beauty.

Luna bekerja dengan jaringan 4G LTE. Pada fitur Global Positioning System, Luna menempatkan GPS, AGPS dan Glonass yang diklaim mampu mendeteksi lokasi lebih akurat.

Beberapa fitur yang ditempatkan Foxconn yaitu sensor Proximity/ALS, G-Sensor, E-Compass, Gyro dan Hall sensor. Penggunaan Gyro disebut Foxconn membuat ponsel ini siap digunakan untuk bermain permainan seperti Pokemon Go. Luna dilengkapi dengan baterai berukuran 2.900 mAH. Kabarnya Luna akan masuk Indonesia dalam beberapa bulan mendatang.

Foxconn adalah salah satu pemain di industri gadget yang cukup berpengaruh. Perusahaan Taiwan ini ikut menggarap pembuatan iPhone dari Apple. Oleh karena itu, tak heran bila mereka bisa membuat ponsel yang mirip dengan iPhone.

Pertengahan Mei lalu Foxconn membeli lini ponsel Nokia dari Microsoft Corporation dengan harga US$ 350 juta atau sekitar Rp 4,72 triliun. Sebagai bagian dari kesepakatan penjualan, Foxconn akan turut memperoleh aset Microsoft Mobile Vietnam, fasilitas produksi perangkat mobile milik Microsoft yang berlokasi di kota Hanoi, Vietnam.

Foxconn juga sebelumnya pada awal April telah mengakuisisi 66 persen saham Sharp atau sebagai pemegang saham pengendali, dengan dana US$ 3,5 miliar (Rp 46,3 triliun). Nilai akuisisi itu lebih murah daripada penawaran sebelumnya, yakni US$ 4,3 miliar (Rp 57,4 triliun).