KESEHATAN Cek Kotoran Telinga, Warna dan Baunya Cerminkan Kesehatan Tubuh

0
288

Kotoran telinga tak harus terlalu sering dibersihkan, berbeda dengan kotoran mata atau hidung. Namun kondisi kotoran telinga sedikit banyak dapat mencerminkan kondisi kesehatan tubuh Anda, lho. Pernahkah Anda memperhatikan bau dan warnanya saat sedang membersihkan? Kotoran tersebut menurut sebagian orang dapat dianalisis dan dilihat konsistensinya, serta kaitannya dengan kondisi tubuh saat itu. Lebih jelasnya para ahli Otolaryngologist dari University of Kentucky memang tak menyebut tentang sakleknya hubungan antara kotoran telinga dan penyakit dalam tubuh.

“SEJUJURNYA, KOTORAN TELINGA TIDAK MENJADI FOKUS UTAMA DALAM PEKERJAAN KAMI,” UNGKAP DR. BRETT COMER, ASISTEN PROFESOR DAN OTOLARYNGOLOGIST DARI UNIVERSITY OF KENTUCKY SEPERTI DILANSIR LAMAN FOX NEWS.

Akan tetapi dirinya juga membeberkan tentang beberapa kondisi kotoran telinga atau cerumen, dan apa masalah yang sedang terjadi di dalam tubuh manusia. Seperti apa, simak berikut ini:

Bau busuk
Jika ada aroma tak sedap dari kotoran telinga, maka kemungkinan terjadi infeksi di saluran tengah telinga atau disebut otitis media kronis. Kemungkinan lain bisa juga terdapat kerusakan di bagian dalam telinga. Gejala tambahan lain adalah Anda kerap merasa telinga berdengung, atau kehilangan keseimbangan.

Berair dan hijau
Apabila kotoran berair dan berwarna kehijauan, kemungkinan infeksi juga ada. Atau bisa disebabkan karena Anda sedang berkeringat saat itu.

Telinga nyeri
Jika kulit bagian dalam telinga terasa nyeri saat dibersihkan, itu mungkin akibat adanya pertumbuhan abnormal kulit yang kerap disebut kolesteatoma. Kulit ini abnormal, sehingga terasa nyeri.

Telinga kering tak berkotoran
Hal ini banyak dialami, yakni telinga seperti tidak kotor dan terasa kering. Bahasa medisnya keratitis obturan, yakni kotoran tidak bisa secara alami keluar seiring gerakan mengunyah mulut. kotoran menumpuk di bagian dalam hingga mengeras. Jika lama seperti ini maka dapat membuat telinga berdenging dan nyeri. Menghubungi dokter akan lebih aman jika Anda mengalami masalah terkait kesehatan telinga, sebab organ yang satu itu cukup rentan kondisinya.