Manfaat Kesehatan Black Garlic yang Belum Banyak Diketahui

0
302

Pernah dengar tentang khasiat kesehatan black garlic atau bawang putih hitam? Saat ini penganut gaya hidup sehat dan ahli kesehatan herbal banyak yang mulai mempopulerkan kembali pemakaian obat herbal ini.

Black garlic dibuat dari fermentasi bawang putih utuh dalam tempat panas dan lembab selama 2-3 pekan, hingga dagingnya membentuk karamel. Kandungan gula dan asam amino dalam bawang putih tersebut berubah menjadi melanoidin, sehingga berwarna hitam.

Konon, proses fermentasi bawang putih itu telah ditemukan sejak 4000 tahun lalu di Korea dan digunakan sebagai suplemen kesehatan. Manfaatnya sudah bertambah berkali lipat dibanding saat masih berbentuk bawang putih segar. Biasanya black garlic digunakan untuk menurunkan tekanan darah, mengatasi demam, juga membantu proses detoksifikasi logam dalam tubuh.

Dilansir laman Dalilymail, berikut ini beberapa manfaat dari black garlic lain yang perlu juga diketahui:

Kaya antioksidan
Penelitian mengungkap bahwa kandungan antioksidan bawang putih hitam lebih tinggi dari pada bawang putih segar. Tak heran jika konsumsi secara rutinnya dianggap mampu menurunkan resiko komplikasi diabetes. Juga dapat menunda munculnya tanda-tanda penuaan.

Turunkan kolesterol
Kandungan senyawa S-allylcysteine di black garlic dapat menurunkan kadar kolesterol tinggi dalam darah. S-allylcysteine terbentuk dari proses fermentasi allicine. Ia juga bermanfaat menurunkan kadar lipid dalam darah.

Cegah kanker
Kanker usus besar dapat dihambat pertumbuhannya dengan rutin mengonsumsi black garlic. Hal itu berdasarkan sebuah studi yang dimuat dalam Spandidos Publications.