Sering Minum Air Es Bikin Kesehatan Pencernaan Terganggu

0
307

Minum air es memang segar dan bisa menghilangkan untuk sementara rasa gerah akibat suhu udara yang panas. Akan tetapi dibalik kenikmatan menenggak segelas air es, ada beberapa kerugian yang bisa diderita oleh sistem pencernaan manusia lho. Terutama jika Anda sudah menjadikannya kebiasaan setiap hari.

Apa saja efek negatif minum air es setiap hari, berikut ini seperti diulas dalam situs Health Site:

Kesehatan pencernaan terganggu
Suhu air es yang sangat rendah, akan membuat pencernaan melambatkan proses kerjanya sebab pembuluh darah menyempit. Untuk mengembalikan ke kondisi normal, maka ia bekerja keras menaikkan suhu pencernaan kembali ke normal sehingga membutuhkan waktu lebih lama dan nutrisi lebih banyak habis untuk itu.

Kehilangan banyak tenaga
Menaikkan kembali ke temperatur normal manusia yakni 37 derajat celsius, akan dibutuhkan banyak energi dan nutrisi. Padahal sejatinya energi dan nutrisi itu dapat dipakai untuk memperbaiki sistem kerja tubuh yang lain, malah terbuang untuk menormalkan suhu pencernaan akibat minum air es. Nutrisi makanan juga sulit diserap dan dicerna dengan baik jika Anda makan dan minum air es bersamaan.

Radang tenggorokan
Tenggorokan yang sensitif akan mengeluarkan lebih banyak lendir untuk menyikapi adanya air es yang Anda minum. Itu tentu tak nyaman, sebab saluran tenggorokan jadi lebih sensitif dan mudah terkena radang.

Pengaruhi detak jantung
Studi menyebutkan bahwa saat Anda minum es, maka saraf vagus akan terpengaruh. Ia adalah saraf yang mengontrol aktifitas otot tak sadar dalam tubuh, seperti yang bekerja di jantung. Akibatnya detak jantung pun akan terpengaruh, membuatnya jadi lebih perlahan berdetaknya. Tentu sesekali tak mengapa minum air es, namun baiknya tidak bersamaan dengan makanan berat. Semoga bermanfaat.