KESEHATAN 5 Faktor yang Menyebabkan Wanita Sulit Punya Momongan

0
258

Setiap wanita yang telah menikah pasti mendambakan ingin punya keturunan, akan tetapi pada beberapa orang hal itu seperti sulit sekali terjadi. Faktor penyebabnya memang bisa saja berbagai hal, antara lain stres, ketidakseimbangan hormon, sperma tak sehat, masalah di rahim, atau pola hidup yang kurang sehat dan lainnya.

Jadi tidak selalu masalah kesuburan wanita saja yang menjadi biang kerok, seperti yang kerap menjadi olok-olokan di masyarakat. Di luar masalah tersebut, ada faktor teknis yang juga perlu diperhatikan oleh setiap pasangan. Berikut ini seperti dilansir oleh laman Boldsky untuk Anda:

Hubungan intim tak teratur

Apabila Anda dan pasangan kerap absen dalam jadwal hubungan intim yang seharusnya dilakukan di masa subur atau ovulasi, maka kecil kemungkinan wanita dapat hamil.

Terlalu sering intim

Terlalu sering berhubungan pun menyebabkan kualitas sperma menurun dan tak lagi mampu mencapai sel ovum. Ada baiknya Anda membuat jarak yang ideal agar tubuh mampu menghasilkan sperma yang berkualitas dan dimasa ovulasi dapat berfungsi dengan baik.

Memakai pelumas

Pelumas buatan mengandung beberapa jenis bahan kimia, yang dapat saja membuat sel sperma mati. Jika Anda menggunakannya berlebihan bisa jadi benda tersebut yang menjadi sebab Anda tak kunjung hamil.

Tak menghitung masa subur

Wanita harus tahu kapan masa subur mereka datang setiap bulannya. Caranya adalah dengan menghitung waktu normal menstruasi setiap bulan dan mengambil waktu pertengahan dari antara jarak tersebut. konsultasi ke dokteer atau bidan jauh lebih baik sebab tak semua wanita memiliki waktu menstruasi yang teratur.

Dengan menghindari sebagian faktor tersebut, semoga Anda bisa segera hamil dan punya momongan ya.