Taman Nasional Lore Lindu, Keajaiban Dunia dan Surga Flora Fauna Sulawesi

0
1576

Anda ingin melihat berbagai flora dan fauna khas Pulau Sulawesi? Datang saja ke Taman Nasional Lore Lindu. Di areal seluas 231 ribu hektar tersebut dihuni beragam flora dan fauna endemik yang mungkin jarang terlihat di wilayah lain. Bukan hanya itu saja yang bisa dinikmati. Anda bisa menemukan Danau Lindudi di kaki Gunung Nokilalaki yang asik untuk berburu ikan air tawar. Keindahan Lore Lindu bak keajaiban dunia. Lore Lindu berada di satu tempat yang masuk dalam administratif Kabupaten Donggala dan Kabupaten Pos di Provinsi Sulawesi Utara. Banyak orang memanfaatkannya untuk berbagai tujuan. Misalnya berkemah, hiking, wisata ke menara pandang, dan sebagainya. Untuk memudahkan akses di sana telah tersedia kantor, pondok jaga, pos jaga, hingga pusat informasi.

lore-lindu-3

Dikutip dari laman Indonesia Travel, kondisi di Lore Lindu membuat berbagai flora dan fauna hidup nyaman sesuai ekositemnya. Bayangkan saja, ada sekitar 117 jenis mamalia, 88 jenis burung, 29 reptil, dan 19 amfibi yang hidup berdampingan. Sekitar setengahnya adalah endemik Sulawesi. Beberapa jenis fauna yang khas dari Taman Nasional Lore Lindu di antaranya kera tonkean (Macaca tonkeana tonkeana), babi rusa (Babyrousa babyrussa celebensis), tangkasi (Tarsius diannae dan T. pumilus), kuskus (Ailurops ursinus furvus dan Strigocuscus celebensis callenfelsi), dan maleo (Macrocephalon maleo). Dari jenis flora, jenis yang khas di antaranya pohon Ara (Ficusspp), Aren (Arenga pinnata), damar (Agathis damara), hingga kantung semar (Nephentessp). Masih banyak lagi endemik Sulawesi yang ada di tempat tersebut.

lore-lindu-2

Taman Nasional Lore Lindu telah ditetapkan UNESCO sebagai cagar biosfer. Artinya kawasan ini dinilai sebagai paru-paru dunia. Banyak pula peninggalan manusia yang hidup di zaman megalitikum tersisa di Lore Lindu. Misalnya patung manusia, jambangan besar (kalamba), piringan (tutu’na), dan batu-batu cembung (batu dakon). Ada banyak kisah yang bisa ditemukan di Taman Nasional Lore Lindu.