Terminal 3 Ultimate Telah Beroperasi, Mampu Tampung 25 Juta Penumpang Per Tahun

0
476

Akhirnya kegiatan operasional Terminal 3 Ultimate Bandara Soekarno-Hatta telah resmi dimulai pada 9 Agustus 2016. Bangunan baru yang megah dan mewah tersebut sejak dini hari telah ramai didatangi calon penumpang dan petugas serta berbagai pihak yang terkait. Pasalnya, walau baru dibuka namun telah ada dua jadwal penerbangan oleh maskapai penerbangan Garuda yang akan beroperasi pada dini hari tersebut rute Jakarta-Jayapura pukul 01.20 WIB.

Kondisi Terminal 3 yang di beberapa tempat tampak masih belum rapi dan sedang digarap oleh pekerja, sempat dikeluhkan oleh penumpang. Menurut mereka, jika memang belum siap sepenuhnya untuk dibuka maka sebaiknya tak dipaksakan.

Terminal-3-640x354

Masalah lain yang dirasa perlu diperhatikan adalah penyediaan kursi tunggu yang sangat dibutuhkan oleh penumpang. Akibat kurangnya fasilitas tersebut, calon penumpang banyak yang terpaksa duduk di lantai.

Di hari pertama pengoperasian Terminal 3 Ultimate, tampak hadir pula Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi yang menggantikan Ignatius Jonan, Menhub sebelumnya. Ia turut memeriksa berbagai fasilitas yang terdapat di bangunan yang disebut-sebut bakal menyaingi bandara Internasional Changi, Singapura.

Fasilitas pendukung seperti pemeriksaan sinar X, konter check in, toilet, mushola, ruang tunggu, sampai area komersial berisi toko buku dan restoran tak luput dari perhatian Budi.

“KITA HARAPKAN TERMINAL INI BISA MENAMBAH KAPASITAS TERMINAL YANG ADA, 1 DAN 2, KARENA TERMINAL 3 SOEKARNO-HATTA INI BISA MENAMPUNG 25 JUTA PENUMPANG PER TAHUN,” JELASNYA KEPADA AWAK MEDIA.