KESEHATAN Awas, Olahraga Berlebihan Bisa Picu Kemandulan

0
329

Olahraga adalah kebiasaan positif dengan segudang manfaat yang bisa menyehatkan tubuh pelakunya. Tak hanya itu, dengan rutin melakukan gerak tubuh dalam olahraga maka sejumlah penyakit berat bisa dihindari, lho.

Namun begitu, tetap saja ada aturan dalam berolahraga yang harus ditaati karena melakukannya sembarangan terbukti bisa menyebabkan cedera. Bahkan olahraga yang berlebihan dapat menyebabkan kesuburan terganggu bahkan kemandulan.

Mengapa bisa begitu? Laman Boldsky menulis bahwa terdapat 2 alasan yang menyebabkan olahraga berlebihan bisa memicu kemandulan.

Sebuah penelitian mengungkap fakta mengenai kondisi tubuh wanita yang rutin berolaharaga keras setiap harinya. Di dalam tubuh mereka, terdapat kandungan hormon kortisol dalam jumlah tinggi sementara jumlah hormon tiroidnya menurun.

Perubahan jumlah hormon ini mempunyai peran pada kemampuan tubuh saat menghadapi stres. Efeknya, hal itu akan membawa pada pengaruh negatif ketidak seimbangan hormon lain di dalam tubuh. Termasuk juga hormon yang berperan terhadap sistem reproduksi manusia. Seorang wanita bisa tidak subur jika hormonnya tidak seimbang dalam waktu lama.

Alasan lain adalah; olahraga akan membuat kandungan lemak dalam tubuh menyusut. Lemak diketahui cukup penting perannya dalam mempertahankan kesuburan seseorang. Saat lemak di tubuhnya menyusut, maka tingkat kesuburan orang tersebut juga bisa berkurang.

Alasan yang diungkap tersebut memang berlaku relatif dan tidak semua orang mengalaminya. Namun melakukan olahraga berlebihan memang tak dianjurkan oleh pihak medis maupun ahli olahraga. Baiknya lakukan semua secara seimbang, agar kesuburan Anda tidak terganggu dan terjadi kemandulan.