Inilah Kia Rio Generasi Terbaru!

0
214

Kia Motor Indonesia baru saja meluncurkan produk baru mereka di GIIAS 2016 lalu. Keduanya adalah MPV bongsor Grand Sedona, serta SUV Sportage. Kemudian ada beberapa model yang mulai terlihat membosankan seperti Rio dan Picanto, yang sebenarnya adalah volume maker bagi pabrikan Korea itu di Indonesia.

Namun tidak perlu khawatir, terutama untuk pengguna Kia Rio seperti Anda dan saya. Kia baru saja memberikan gambaran seperti apa generasi terbaru hatchback itu, yang akan diperkenalkan (world debut) di Paris Motor Show yang akan berlangsung bulan September 2016 yang akan datang. Namun sepertinya pabrikan Korea ini cukup berbaik hati dengan menampilkan sketsa bentuk dan rupa Rio generasi mendatang.

All-new-rio-rear

Bentuk yang Anda lihat disini adalah hasil guratan para desainer Kia di Jerman dan California, Amerika Serikat, yang bekerja sama dengan pusat desain mereka di Namyang, Korea Selatan. Karakter bentuknya terlihat lebih segar berkat grill Tiger Nose yang lebih lebar, diapit oleh sepasang lampu utama yang memiliki desain tajam.

Selain itu, Kia mendesain mobil ini untuk memiliki overhang depan serta bonnet yang lebih panjang. Wheelbase yang lebih panjang serta pilar C yang lebih tegak, seolah menjawab kekurangan Rio sekarang yang terasa sempit, terutama di wilayah pilar C (bangku belakang). Perubahan tersebut akan membuat Rio terlihat lebih tegas di bagian samping.

All-new-rio-interior

Menurut rilis yang kami terima dari Kia pusat di Korea Selatan, di bagian interior mereka sudah menyematkan segala macam teknologi baru mulai dari keselamatan hingga teknologi konektivitas saat berkendara. Kapan akan diproduksi? Mobil yang terjual sebanyak 473.000 unit selama tahun 2015 di seluruh dunia ini akan masuk jalur produksi menjelang akhir 2016 untuk pasar Eropa terlebih dahulu, sedangkan wilayah lainnya baru akan diumumkan menjelang peluncurannya nanti.

Dari segi mesin, Kia masih menutup rapat seperti apa yang menjadi sumber penggeraknya. Spekulasi mengatakan bahwa akan ada Rio yang menggunakan mesin terbaru hasil pengembangan Kia seendiri dengan konfigurasi 3-silinder turbocharged.

Rio-GT

Sementara itu, situs Carscoops berhasil mendapatkan foto prototype Kia Rio generasi terbaru yang sedang diuji, seperti yang Anda lihat di atas ini. Menurut Carscoops, mobil berkamuflase itu adalah tipe Rio yang paling kencang, dengan titel Rio GT. Mobil ini akan bersaing langsung dengan Ford Fiesta ST ataupun Renault Clio RS.

Kapan akan hadir di Indonesia? Entah tapi berkaca dari Kia Grand Sedona yang meluncur di Amerika awal tahun ini, dan Indonesia ‘kebagian’ di tahun yang sama, sepertinya kita bisa berharap paling tidak sebelum 2017 berakhir, Rio sudah berganti generasi. Lebih jauh lagi, saya berharap versi kencangnya ini juga ikut diboyong. Semoga.