Model Paling Bertenaga Aston Martin Meluncur di Indonesia

0
273

Jakarta: Dalam rangka merayakan satu tahun berkiprah di Indonesja, Aston Martin Jakarta (AMJ) selaku Agen Pemegang Merek Aston Martin di Tanah Air meluncurkan model terbarunya, DB11. Model ini disebut sebagai mobil terpenting dalam sejarah Aston Martin di dunia.

“DB11 pasti akan memukau para pencinta otomotif di Indonesia dengan kombinasi design yang baru, elegan, dan tenaga dari mesin 5.2-liter V12 twin-turbocharged. DB11 tidak hanya mobil terpenting yang Aston Martin luncurkan dalam sejarah saat ini, namun juga menunjukkan eksistensinya selama 103 tahun. DB11 sekali lagi menempatkan Aston Martin sebagai merek terkemuka dalam industri luxury automotive,” ujar Irmawan Poedjoadi, Chief Executive Officer AMJ, di Four Seasons Hotel, Jakarta, Rabu (24/8).

DB11 menampilkan desain terbaru dari Aston Martin dengan aerodinamika yang sangat mewah. Mobil sports ini dirancang dengan struktur rangka aluminium terbaru yang lebih ringan dan kuat serta bernilai efisiensi tinggi. Dijelaskan pihak Aston Martin, DB11 merupakan model DB paling bertenaga, efisien tinggi, dan terdinamis dalam sejarah Aston Martin, dan merupakan produk terbaru yang paling signifikan setelah DB9 pertama kali diluncurkan pada tahun 2003.

IMG1

Model ini menandakan era baru pada sektor desain Aston Martin yang dipenuhi estetika dan mencerminkan perjalanan merek ini dengan ikon seperti DB2/4, DB5, dan terakhir DB10 yang hanya dibuat khusus untuk James Bond. Tampilannya sangat dramatis berkat alur atap yang menyambung dari pilar A ke pilar C. Model DB11 telah mendapatkan penghargaan bergengsi sebagai mobil produksi masal dengan desain terbaik dari Car Design Award 2016 pada Salone dell’ Auto Torino di Italy.

Sedangkan dalam mengembangkan interiornya, Aston Martin bekerjasama dengan Daimler AG sebagai technical partner untuk menghadirkan kualitas interior terbaik. Alhasil di dalam kabin Anda bisa menemukan adanya pusat kendali multimedia dengan rotary control dan pilihan touchpad.

Pada sektor mesin, DB11 menggunakan unit V12 yang diletakkan di bagian seperti DB9. Mesin berkapasitas 5.2-liter dengan imbuhan twin-turbocharged yang dapat menyumbang tenaga hingga 600 daya kuda dengan torsi mencapai 700 Nm. Capaian tenaga yang bisa diolah oleh DB11 membuatnya menjadi model DB paling bertenaga yang pernah diproduksi. Kecepatan maksimalnya sebelum dibatasi pun mampu mencapai 320 km/jam. Sementara akselerasi 0-100 km/jamnya mudah dicapai dengan waktu 3,9 detik saja.

Penyalur tenaganya adalah girboks ZF Automatic Transmission dengan 8-kecepatan. Pengendaraannya didukung oleh power steering elektrik dan torque vectoring serta adaptive damping system untuk meningkatkan kelincahannya dalam bermanuver. Alhasil Aston Martin bisa menjanjikan kapabilitas kedinamisan berkendara.

Meski tercatat sebagai mobil sport, namun DB11 sudah dilengkapi teknologi start-stop dan bank activation yang berpotensi meningkatkan efisiensi.

Dijelaskan Irmawan, Indonesia akan mendapatkan unitnya paling cepat awal 2017. Sedangkan meski tak merilis harga resminya, namun orang nomor satu di AMJ tersebut menjabarkan bahwa harga dasar di negara kelahiran Aston Martin, Inggris, DB11 dibanderol Rp. 2,8 miliar tanpa opsional personalisasi. Harga ini biasanya membengkak begitu dikirim ke Indonesia dengan pajak impor dan bea pengiriman.

Para pencinta Aston Martin sudah bisa memesannya di showroom AMJ yang berada di bilangan Menteng, Jakarta Pusat. Calon pembeli pun bisa mempersonalisasinya sesuai keinginan agar mendapatkan sportscar yang eksklusif.

Terkait dengan perjalanan AMJ yang sudah 1 tahun di Tanah Air, Irmawan mengatakan, “Satu tahun hanyalah permulaan, dan kami yakin melalui program penjualan yang unik dan menarik, kami dapat memberikan pelayanan first class kepada pelanggan pada segmen high luxury automotive di Indonesia.”