Awas, Ini Hal Tentang Anak yang Tak Boleh Disebar di Medsos

0
239

Orang tua di era media sosial saat ini kerap membagi berbagai hal tentang putra putrinya di akun mereka, entah itu Instagram, Facebook, dan lainnya. Apalagi bila usia sang anak masih balita, lucu, cantik dan menggemaskan. Pastilah foto dan keterangan aktifitas si anak akan kerap bertebaran di sana.

Sebenarnya hal tersebut tidak salah, hanya saja Anda seharusnya juga waspada terhadap oknum pengguna internet yang memiliki maksud jahat dan dapat memanfaatkan foto dan share Anda di medsos tersebut. Anda tak ingin buah hati tercinta menjadi korban dari kejahatan yang bisa saja dilakukan oleh oknum, bukan?

Dilansir oleh laman fimela, berikut ini adalah hal tentang anak yang sebaiknya tidak dibagikan ke media sosial, untuk mencegah terjadinya tindak kriminalitas:

Foto bersama teman-temannya

Jika Anda mengunggah foto anak bersama teman-temannya, pastikan bahwa orang tua teman anak Anda memperbolehkan hal itu. Untuk acara pesta di rumah teman, misalnya. Tak semua orang mau rumahnya dilihat oleh banyak orang di media sosial, lho. Juga tak semua orang mau foto anaknya disebarkan, walau bersama anak-anak lainnya.

Foto sekolah

Jangan mengunggah foto sekolah, apalagi lengkap dengan plang dan alamatnya. Sudah beberapa kali terjadi tindak kriminalitas akibat kecerobohan ini, sehingga lebih baik mencegah.

Foto anak mandi

Anak yang sedang mandi, sebaiknya tak diunggah fotonya ke medsos. Ini sangat beresiko sebab banyak predator anak yang berkeliaran di media sosial. Anak pun belum tentu setuju dengan tindakan Anda mengunggah fotonya saat sedang mandi, bukan

Nama lengkap anak

Sebaiknya tidak menulis atau mengunggah foto nama lengkap anak. Ini untuk mencegah orang yang berniat jahat untuk melakukan hal yang tidak diinginkan kepada anak-anak Anda.

Media sosial memang dapat menjadi pisau bermata dua yang bermanfaat, namun juga mengundang kejahatan. Jadi sebaiknya memang Anda bijak dalam mempergunakannya.