KESEHATAN Agar Kasus Pembunuhan Anak dalam Kardus Tak Terulang, Lakukan Ini

0
231

Kasus pembunuhan seorang anak gadis 9 tahun di Kelurahan Kamal, Kalideres, Jakarta yang jasadnya dimasukkan dalam kardus, membuat geger warga. Bagaimana tidak, dari hasil otopsi diketahui bahwa sejumlah penyiksaan telah dilakukan terhadap bocah malang itu.

Pastinya tak ada orang tua yang ingin peristiwa keji itu terulang lagi, apalagi terhadap anak-anak mereka. Untuk itu ada beberapa tindakan pencegahan yang bisa dilakukan baik oleh orang tua maupun lingkungan sekolah dan pemerintah. Berikut ini beberapa contoh antisipasi kejahatan terhadap anak-anak kita:

CCTV

Memasang kamera CCTV memang cara yang praktis untuk bisa mengawasi kondisi anak, dan lingkungan dimana anak sering berada. Dengan demikian apabila terjadi hal yang tak diinginkan, maka bisa segera dicegah dan diatasi. Pelaku kejahatan juga dapat mudah terlacak dengan adanya CCTV tersebut.

Pasang lampu penerang

Lampu yang dipasang di lokasi-lokasi minim penerangan, juga dapat mengantisipasi tindak kejahatan. Misalnya di gang sepi, sekolah, kamar mandi, dan lokasi rawan lainnya. Ini tentu memudahkan pengawasan terhadap tindak kejahatan, dan mencegah pelaku kriminal bersembunyi.

Pengawasan terhadap anak ditingkatkan

Mengawasi kemana anak pergi dan dengan siapa ia bermain, adalah cara lain meminimalkan kejahatan. Melakukan antar jemput sekolah atau les terbukti mampu membatasi anak bersentuhan dengan orang lain yang bisa saja berniat jahat.

Keamanan lingkungan

Keamanan di sekolah atau sekitar tempat bermain anak-anak sering terabaikan. Jarang ada penjaga atau satpam yang siap mengawasi keamanan anak-anak di sana. Karena itu tak ada salahnya setiap orang tua, guru dan orang dewasa berperan menjaga, dan mencurigai hal yang tak wajar. Jangan acuh dengan keamanan anak-anak tersebut.

Ajarin anak untuk berani

Mengajari anak agar terhindar dari kejahatan bukan dengan cara menakut-nakutinya selalu. Tapi tanamkan dalam dirinya keberanian untuk menolak bicara dengan orang asing, menolak diajak ke tempat asing, dan berteriak jika ada yang berbuat suatu hal yang menyakitinya. Semoga anak-anak kita tetap terjaga dari tindak kejahatan.