Proyek Kementerian PUPR bernilai belasan Miliar Ambruk di Jeneponto

0
794

Target Berita.com – Proyek pembangunan bronjong di Sungai Allu Kabupaten Jeneponto Provinsi Sulsel, demikian diinformasikan LSM Lembaga Laskar Pemberantasan Korupsi (LLPK) saat berada di lokasi, 8 Januari 2017.

Proyek yang bersumber dari dana Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) tahun 2016 ini, dengan nama lelang Pembuatan Tanggul Banjir dan Perkuatan Tebing Sungai Allu Kab. Jeneponto melalui Satuan kerja (Satker) SNVT PELAKSANAAN JARINGAN SUMBER AIR POMPENGAN-JENEBERANG PROVINSI SULAWESI SELATAN di kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), yang dimenangkan PT Muria Utama dengan nilai penawaran Rp. 11.759.330.000.

Ketua DPP LLPK Bachtiar JK mengatakan, ada sekitar 7 titik yang ambruk atau berkisar 50 meter, Makassar, 9 Januari 2017.

Bachtiar menduga pembangunan bronjong di Sungai Allu tidak sesuai Rencana Kerja dan Syarat-syarat (RKS) yang meliputi dolken/kayu serta pemadatan landasan bronjong.

Selain itu, saat proyek tersebut masih berlangsung telah meminta ke Satuan Kerja terkait dan PPK-nya untuk meninjau langsung melalui penyuratan, namun tidak direspon hingga bangunan yang menggunakan dana rakyat bernilai belasan miliar rupiah tersebut ambruk di awal tahun ini.

Sementara itu, pihak Satker dan PPK serta rekanan yang mengaku sebagai pelaksana belum memberikan tanggapan, saat dikonfirmasi via SMS, Minggu 8 Januari 2017. ( A Rhynald Pabettai Rakyat Sulawesi)