‘Syukurlah, WNA Asal Austria dan ‘Guide’ Pulang Selamat Ditemukan Tak Pakai Baju’

0
388

Masamba,Target Berita.com — Kondisinya cukup mengkhawatirkan. Tubuhnya mulai lemas. Kaki dan tangan dipenuhi luka akibat semak belukar. Tapi, syukurlah Geral dan guidenya bernama Budi bisa pulang dengan selamat. Namun, turis asal Austria ditemukan telanjang dada.

Kondisi beda diperlihatkan Budi. Guide asal Tana Toraja masih tetap segar memandu bule. Baju lengan panjang warna hitam melekat di badan.

Geral lahir di Grieskirchen, 24 Desember 1982. Ia dan Budi yang memiliki perawakan tinggi kurus dan rambut sengaja dipanjangkan ditemukan oleh tim dari Basarnas, Polri, TNI, BPBD, dan Mapala. Tidak jauh dari Posko Pencarian di Desa Tamboke, dekat aliran sungai Tamboke. Mereka saat itu sudah mau pulang ke Desa Tamboke, Selasa 1 Oktober 2016. Jarum jam saat itu menunjuk pukul 11:00 Wita.

Dalam perjalanan pulang ke Tamboke, mereka bahagia sekali. Dilihatnya banyak orang. Tanpa pikir panjang lagi, keduanya langsung berucap syukur. Mereka kemudian dievakuasi dengan menggunakan mobil ambulance PMI. Dikawal oleh BPBD, TNI, polisi, dan Basarnas. Mereka dievakuasi ke RSUD Masamba untuk diperiksa kesehatannya. Selanjutnya boleh pulang dan nginap di Hotel Bukit Indah.

Mereka berangkat dari Tana Toraja menuju Luwu Utara hari Selasa 25 oktober 2016. Tujuannya memang melakukan pendakian gunung Baliase yang ketinggiannya mencapai 2894 MDPL. ”Jadwal kami memang selama hari. Namun, karena di gunung ada kendala sehingga semuanya jadi begini,” tutur Budi, yang dilansir Palopo Pos, di Hotel Bukit Indah.