Polling Terbaru: Hillary Clinton Makin Jauh Ungguli Donald Trump

0
393

Washington – Calon presiden Amerika Serikat (AS) dari Partai Demokrat, Hillary Clinton, semakin jauh mengungguli rivalnya, capres Partai Republik Donald Trump. Polling terbaru menunjukkan Hillary unggul 12 persen atas Trump, selisih tertinggi sejauh ini.

Menurut polling terbaru Reuters/Ipsos, seperti dilansir Press TV, Rabu (24/8/2016), mantan Menteri Luar Negeri AS ini mendapat 45 persen dukungan. Sedangkan Trump hanya mendapat 33 persen dukungan. Sebanyak 22 persen responden menyatakan tidak akan memilih kedua capres.

Hillary cenderung selalu unggul dari Trump, sepanjang kampanye tahun ini. Namun hasil polling terbaru ini menunjukkan posisi paling kuat Hillary dibandingkan beberapa polling sebelumnya dalam beberapa pekan terakhir.

Awal Agustus ini, Hillary mengungguli Trump dalam berbagai polling dengan selisih antara 3-9 persen poin. Meskipun ada satu polling dari surveiMcClatchy/Marist yang digelar awal Agustus, yang menyatakan Hillary unggul 15 persen atas Trump.

Polling ini digelar pada 18-22 Agustus secara nasional di sebanyak 50 negara bagian AS, dengan mengambil sampel 1.115 responden. Polling ini memiliki 3 persen margin of error.

Polling Reuters ini menekankan bahwa pada masa yang sama sekitar empat tahun lalu atau tahun 2012, dukungan publik untuk kedua capres jauh lebih tinggi. Saat itu, capres Partai Demokrat Barack Obama hanya unggul tipis dari capres Partai Republik Mitt Romney.

“Mereka yang masih ragu-ragu, kemungkinan besar berpikir untuk mendukung kandidat pihak ketiga, dan bukan antara Clinton maupun Trump,” sebut Tom Smith yang mengepalai Pusat Kajian Politik dan Masyarakat pada University of Chicago.

Dalam polling lainnya, Reuters/Ipsos mempertarungkan Hillary dan Trump dengan kandidat alternatif dari Partai Libertarian Gary Johnson dan dari Partai Hijau Jill Stein. Polling itu masih menunjukkan Hillary unggul atas ketiga kandidat lain dengan meraih 41 persen suara, sedangkan Trump meraih 33 persen, Johnson dengan 7 persen dan Stein dengan 2 persen.